Pemkot Upacarakan Hari Kesaktian Pancasila

oleh -1619 Dilihat
oleh

Kotamobagu, ManadoTEMPO-Penjabat Wali Kota Kotamobagu, Dr. Drs. Hi. Asripan Nani, M.Si., memimpin upacara peringatan Hari Lahir Pancasila yang berlangsung di Alun-alun Boki Hontinimbang, Kotamobagu.Sabtu, 1 Juni 2024

Upacara ini dihadiri oleh berbagai elemen masyarakat dan para pejabat daerah, menjadikan momen ini penuh makna dan khidmat.
Dalam upacara tersebut, Dr. Asripan Nani membacakan pidato dari Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia, Bapak Yudian Wahyudi.

“Pada hari ini, 1 Juni 2024, kita memperingati Hari Lahir Pancasila. Hari ketika Bung Karno, sebagai Proklamator Kemerdekaan, Bapak Pendiri Bangsa, pertama kali memperkenalkan pancasila melalui pidatonya pada tahun 1945 di depan sidang Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan.”ucapnya

Lebih lanjut, ia menekankan tema peringatan tahun ini, “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa menuju Indonesia Emas 2045”.

Tema ini mengandung makna bahwa Pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 Tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri, dan berdaulat.

“Patut kita syukuri sebagai sebuah bangsa yang majemuk, Pancasila dan nilai-nilai yang dikandungnya menjadi bintang yang memandu kehidupan bangsa agar sesuai dengan cita-cita pendirian negara,” ujarnya.
Asripan juga menggarisbawahi bahwa keberadaan Pancasila adalah anugerah dari Tuhan yang Maha Esa untuk bangsa Indonesia. “Di dalam Pancasila terkandung nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi nilai-nilai inklusivitas, toleransi, dan gotong royong. Keberagaman yang ada merupakan berkat yang dirajut dalam identitas nasional ‘Bhinneka Tunggal Ika’,” tambahnya.
Pj. Wali Kota mengajak seluruh komponen bangsa untuk bergotong royong merawat anugerah Pancasila.
“Kita harus bekerja sama dan berkolaborasi menjaga kerukunan dan keutuhan sebagai wujud pengamalan nilai-nilai Pancasila. Semoga peringatan Hari Lahir Pancasila ini dapat memompa semangat kita semua untuk terus mengamalkan Pancasila demi Indonesia yang maju, adil, makmur, dan berwibawa di kancah dunia,” tutupnya.
Turut hadir dalam upacara ini, Dandim 1303 Bolaang Mongondow, Letkol. Inf. Fahmil Harris, S.I.P., Kapolres Kotamobagu, AKBP. Dasveri Abdi, S.I.K., Ketua Pengadilan Negeri Kotamobagu, Jifly Z. Adam, S.H., M.H., Ketua Tim Penggerak PKK Kota Kotamobagu, Ny. Hj. Siti Fatmah Fitriana Nani Buhang, S.E., Sekretaris Daerah Kota Kotamobagu, Sofyan Mokoginta, S.H., M.E., serta para pimpinan organisasi wanita, pimpinan instansi vertikal, para asisten, pimpinan organisasi perangkat daerah, camat, lurah, sangadi, tokoh masyarakat, dan ASN di lingkungan Pemerintah Daerah Kota Kotamobagu.(**).

No More Posts Available.

No more pages to load.