Destinasi Wisata di Kota Tomohon Bangkit Kembali Pasca COVID-19

oleh -1086 Dilihat

Manadotempo Tomohon,

Setelah mengalami penurunan drastis dalam angka kunjungan wisatawan selama masa pandemi COVID-19 di tahun 2021, kini destinasi wisata di Kota Tomohon, yang dikenal sebagai Kota Bunga, kembali bergairah.

 

Tahun 2024 mencatat lonjakan signifikan dalam kunjungan wisatawan baik mancanegara maupun lokal, yang berkontribusi positif terhadap perekonomian daerah.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Tomohon, Judhistira Siwu, mengonfirmasi hal ini kepada media bahwa. “Banyak pilihan tempat wisata yang sangat menarik wisatawan berkunjung di Kota Tomohon, karena ada hampir 100 destinasi wisata yang dikelola oleh swasta atau pribadi. Jumlah kunjungan wisatawan meningkat pesat dari tahun 2021 (pasca COVID-19),” jelasnya.

Siwu menjelaskan bahwa peningkatan kunjungan wisatawan ini secara langsung menguntungkan para pengelola destinasi wisata. Sebagian besar kunjungan terjadi pada objek wisata yang tidak memungut retribusi, dengan hanya kurang dari 10 persen wisatawan yang mengunjungi objek wisata berbayar. Hal ini menyebabkan pendapatan dari wisatawan langsung dirasakan oleh pengelola Pariwisata.

“Dalam perhitungan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB), pariwisata adalah multisektor yang terdiri dari akomodasi/penginapan, transportasi, pertanian, dan lainnya. Dalam tiga tahun terakhir terjadi kenaikan PDRB pada sektor-sektor tersebut yang mempengaruhi, sehingga meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Kota Tomohon. Dengan ini kami sampaikan, kontribusi pariwisata di Kota Tomohon sangat berpengaruh terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat dan perekonomian daerah,” ujarnya.

Dengan beragam destinasi wisata yang menarik dan peningkatan fasilitas pendukung, Kota Tomohon siap menyambut lebih banyak wisatawan dan terus mengembangkan sektor pariwisata sebagai pilar utama perekonomian daerah.(Oby)

No More Posts Available.

No more pages to load.