Resmikan Gedung Bawaslu Sulut, Rahmat Bagja ;Jadikan Penyemangat Awasi Pilkada

oleh -83 Dilihat
oleh
Peresmian Kantor Bawaslu Sulut

 

ManadoTEMPO- Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum ( Bawaslu) RI Rahmat Bagja, SH, LL, M didampingi anggota Bawaslu RI Herwyn Malonda dan Ketua Bawaslu Sulut Ardiles Mewoh meresmikan Kantor Bawaslu Sulut, Kamis (13/6/2024).

Dalam Kesempatan ini, Ketua Bawaslu Republik Indonesia (RI) Rahmat Bagja menyatakan, dengan adanya Gedung baru bisa menjadi penunjang semangat bagi Bawaslu dalam mengawasi seluruh tahapan proses pilkada.
“Ini adalah penunjang semangat bagi kami dalam mengawasi seluruh proses tahapan pilkada serentak nanti,” kata Rahmat.

Rahmat juga dalam kesempatan tersebut mengakui bahwa gedung Bawaslu Sulut yang baru adalah gedung yang besar dan dinilai mewah.

“Gedung ini pertama kali memang terlalu besar untuk sebuah kantor bawaslu tetapi pada akhirnya memang ini sudah sangat pas. Gedung ini merupakan pemberian pinjam pakai dari pengadilan dan karena pengadilan sudah ada gedung baru semoga ini bisa dilepas hak pada bawaslu,” ungkapnya.

Rahmat juga menjelaskan, Bawaslu saat ini tengah masuk pada tahapan pemutakhiran data pemilih dan beberapa bulan kedepan akan pengawasan pemutakhiran data pemilih.

“Bawaslu akan memulai tahapan yakni pemurakhiran data pemilih, kemudian dalam beberala bulan kedepan akan melakukan pemutakhiran data pemilih dan pengawasan pemutahiran data pemilih jadi hasil DPT pada saat pemilu akan diperbaharui dan juga disampaikan DPT 4 terkini yang disa.paikan oleh kemendgari.
Setelah itu lemudian pada bulan agustus akan ada pendaftaran calon peserta pilkada,” jelasnya.

Sementara itu Pemerintah Provinsi Sulut yang diwakili Sekprov Steve Keppel mengharapkan dengan adanya kantor Bawaslu Sulut ini, tupoksi dari salah satu badan penyelenggara pemilu di bidang pengawasan bisa berjalan dengan baik.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Sulut DR. Ardiles Mewoh berharap dengan adanya kantor Bawaslu yang baru tugas pengawasan di Sulut akan lebih baik.

“Mudah mudahan dengan adanya kantor bawaslu yang baru ini pengawasan bawaslu sukut ini akan lebih baik, akan lebih berkinerja untuk kesuksesan penyelenggaraan pemilu,” harap Mewoh.

Untuk gedung kantor Bawaslu yang lama dikatakan Mewoh, bawaslu sudah berkoordinasi dan berkomunikasi dengan Gubernur Olly Dondokambey agar gedung twrsbut bisa difungsikan sebagai mess atau wisma bagi ASN Bawaslu.

“Sementara untuk kantor lama saya sudah berkoordinasi dengan pak gub dijadikan asrama atau mess atau wisma bagi jajaran ASN bawaslu dari luar daerah. Dan beliau sudah mengiyakan.Dan beliau juga langsung menanyakan berapa biaya untuk pembangunan mess wisma,” tandas Mewoh sembari menambahkan mudah mudah warisan dari DR Herwyn Malonda ketika menjadi ketua bawaslu sulut akan tetap dijaga dan dirawat dan menjadi manfaat bagi keluarga besar bawaslu sulut.

Selain meresmikan Kantor Bawaslu Sulut juga launching tagline Mari jo torang awasi sama sama.

(Deasy Holung/oby)

No More Posts Available.

No more pages to load.