Wali Kota Caroll Senduk Buka Kegiatan Bimbingan Teknis Manajemen Kepegawaian Jabatan Fungsional Pemerintah Kota Tomohon 2024

oleh -1201 Dilihat

Manadotempo Tomohon,

Pemerintah Kota Tomohon menyelenggarakan kegiatan Bimbingan Teknis Manajemen Kepegawaian untuk Jabatan Fungsional yang berlangsung di Mercure Hotel Tateli Beach Resort. Acara ini dihadiri oleh berbagai pejabat dan narasumber terkemuka dari lingkungan pemerintah.

Dalam sambutannya, Walikota Tomohon, Caroll J. A. Senduk, S.H., menekankan pentingnya manajemen kepegawaian dalam membentuk Aparatur Sipil Negara (ASN) yang profesional, memiliki kinerja tinggi, serta berperilaku sesuai dengan nilai dasar ASN. “Manajemen kepegawaian adalah serangkaian proses pengelolaan ASN untuk mewujudkan ASN yang profesional, bebas dari intervensi politik, serta bersih dari praktik korupsi, kolusi, dan nepotisme. ASN harus mampu menyelenggarakan pelayanan publik dan menjalankan peran sebagai perekat persatuan dan kesatuan bangsa berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945,” ujar Walikota.

 

Walikota juga menjelaskan bahwa jabatan ASN terdiri dari jabatan manajerial dan non-manajerial. Jabatan manajerial mencakup Jabatan Pimpinan Tinggi Utama, Madya, Pratama, Administrator, dan Pengawas. Sementara itu, jabatan non-manajerial mencakup Jabatan Fungsional dan Jabatan Pelaksana. “Jabatan fungsional merupakan sekelompok jabatan yang berkaitan dengan pelayanan fungsional berdasarkan keahlian dan keterampilan tertentu,” tambahnya.

 

Manajemen kepegawaian untuk jabatan fungsional meliputi berbagai aspek, seperti kedudukan dan tanggung jawab, tugas dan klasifikasi, kategori dan jenjang, pengusulan dan penetapan, pengangkatan, pengelolaan kinerja, kenaikan pangkat, pemberhentian, serta kompetensi dan instansi pembina. Walikota menegaskan bahwa untuk mencapai tujuan dan kesejahteraan yang diharapkan, diperlukan kontribusi dari seluruh ASN untuk mendukung program pemerintah.

Menjelang masa pemilihan kepala daerah, Walikota Caroll J. A. Senduk mengingatkan seluruh ASN di lingkungan Pemerintah Kota Tomohon untuk tetap menjaga netralitas dan bertanggung jawab sesuai komitmen masing-masing.

 

Acara ini dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kota Tomohon, Edwin Roring, S.E., M.E., serta narasumber dari Kementerian Dalam Negeri, Ketua Tim Kerja Wilayah IV (Sulawesi) Direktorat Fasilitasi Kelembagaan dan Kepegawaian Perangkat Daerah, Direktorat Jenderal Otonomi Daerah, Ir. Moh. Yuliarto, M.Si. Juga hadir Jabatan Analis Jabatan sekaligus Wakil Ketua Tim Kerja IVB Direktorat Fasilitasi Kelembagaan dan Kepegawaian Perangkat Daerah Direktorat Jenderal Otonomi Daerah, Muhammad Fikri Cahyadi, S.IP, M.A., serta para asisten, Kepala BKPSDMD Kota Tomohon, Djon Sonny Liuw, S.Pi., dan jajaran Pemerintah Kota Tomohon.

Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kapasitas dan kompetensi ASN dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab mereka, serta mendukung tercapainya tujuan pembangunan Kota Tomohon yang lebih baik.(Oby).

No More Posts Available.

No more pages to load.