Walikota Bitung Maurits Mantiri Serahkan Sapi Kurban Seberat 1 Ton 

oleh -2206 Dilihat
oleh

ManadoTEMPO– Walikota Bitung Maurits Mantiri menyerahkan bantuan kemasyarakatan Presiden RI berupa Sapi dalam rangka Hari Idul Adha 1445.

Penyerahan hewan kurban itu di Masjid Al-Muttaqien Girian Weru Satu, Kecamatan Girian, Kota Bitung, Minggu (16/06/2024).

Walikota Bitung Maurits Mantiri menyampaikan, semoga penyerahan bantuan Kemasyarakatan Presiden bisa bermanfaat bagi masyarakat yang merayakan Hari Raya Idul Adha.

“Hari raya Idul Adha indentik kegiatan penyembelihan dan pembagian hewan kurban dengan maksud agar setiap umat muslim dapat merasakan kegembiraan hari raya dengan saling berbagi,” katanya.

Hari raya Idul Adha juga, kata Walikota, mengingatkan kita semua pada kisah keteladanan Nabi Ibrahim dan putranya Nabi Ismail tentang ketaatan dan keikhlasan. “Semangat pengorbanan ini harus menjadi inspirasi bagi kita semua dalam menjalankan kehidupan sehari-hari. Khususnya, dalam berbuat baik dan membantu sesama,” katanya.

Momentum Idul Adha juga, tambah Walikota, memberikan kesadaran kepada kita bahwa harta yang kita miliki bukanlah mutlak milik kita. “Melainkan hanya titipan dari Tuhan yang didalamnya terdapat hak orang lain,” ucap Walikota.

Sementara itu Karo Kesra Provinsi Sulawesi Utara Fredy Kaligis menjelaskan, bantuan Kemasyarakatan Presiden diserahkan ke Kota Bitung atas permohonan dari Walikota Bitung Maurits Mantiri kepada Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey.

“Permohonan ini kemudian disampaikan Gubernur kepada Presiden. Sehingga bantuan Kemasyarakatan Presiden berupa Sapi Dalam Rangka Hari Raya Idul Adha 1445/2024 ada di Kota Bitung,” kata Fredy.

Ia juga menjelaskan, jenis sapi yang diberikan yaitu Limosin Jantan berumur 4 tahun berat 1 Ton Asal Kota Tomohon. “Ini juga telah di periksa laboratorium dan pemeriksaan klinis dan hasilnya sehat,” tukasnya.

Turut hadir dalam kegiatan yaitu Habib Abdulah Bin Smith, Imam Masjid Al-Muttaqien Arifin Moha, Ketua PBHI Kota Bitung, Ketua BTM Masjid Al-Muttaqien, perwakilan Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Daerah Sulawesi Utara, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Bitung, Kabag Kesra Bitung, Kepala Dinas Perikanan Kota Bitung.

Disatu sisi, Walikota Bitung Maurits Mantiri menyatakan Idul Adha memiliki nilai penting yang akan selalu relevan dalam kehidupan di masa kapanpun.

“Momentum Idul Adha memberikan pelajaran bagi kita semua tentang keyakinan dan keteguhan,” kata Walikota Bitung Maurits Mantiri dalam sambutanya sebelum Sholat Idul Adha yang di gelar PHBI di Kelurahan Bitung Timur, Kecamatan Maesa, Senin (17/06/2024).

“Peringatan hari raya Idul Adha mengajak kita semua untuk senantiasa bercermin bahwa, eleminasi egoisme manusia atas kepemilikan diri dan kelompok serta keteguhan merupakan modal utama yang harus ditumbuhkan dalam rangka menghadapi berbagai persoalan kehidupan di era globalisasi,” katanya.

Dikesempatan Idul Adha ini juga, Maurits Mantiri mengajak kepada masyarakat Kota Bitung agar selalu meneguhkan sikap dan berupaya menyempurnakan jadi diri sebagai manusia yang menjaga hubungan vertikal dengan Tuhan dan hubungan horizontal sesama manusia.

“Hikmah dari ibadah kurban ini adalah didasarkan atas keikhlasan memberikan atau melepaskan sesuatu yang dimiliki sebagai wujud ketakwaan pada Tuhan,” jelasnya.

“Di hari yang suci ini marilah kita sama-sama merenungkan makna pengorbanan. Bukan hanya dalam bentuk hewan kurban yang kita sembelih. Tapi juga dalam bentuk pengorbanan pribadi kita semua untuk kepentingan masyarakat dan pembangunan kota Bitung,” tandas Walikota Bitung Maurits Mantiri. (ad)

 

 

 

 

No More Posts Available.

No more pages to load.