Hadirkan Akademisi dan Pegiat Kepemiluan, Bawaslu Minsel Beri Penguatan Kapasitas 177 PKD

oleh -1648 Dilihat
oleh

Minsel, ManadoTEMPO-Bawaslu Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) menggelar kegiatan penguatan kapasitas bagi 177 jajaran pengawas kelurahan dan (PKD).

Giat yang berlangsung di Hotel Sutanraja Amurangp, Sabtu, (22/06/2024) itu mengahdirkan narasumber dari akademisi dan sejumlah pegiat kepemiluan, diantaranya Victory Rotty, Ferol Warouw dan Suardi Hamzah.

Ketua Bawaslu Minsel Eva Keintjem mengatakan kegiatan penguatan kapasitas, difokuskan pada persiapan melakukan tugas pengawasan mengenai pemutakhiran data pemilih dalam gelaran Pilkada 2024.

“Sebagaimana diatur dalam Undang-undang No. 10 Tahun 2016 tentang Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota Bawaslu memiliki tugas dan wewenang untuk mengawasi Tahapan Pemilihan serentak Tahun 2024. Mulai dari tahapan persiapan sampai pada tahapan pemungutan dan penghitungan suara,” ujar Keintjem.

Menurut Keintjem ada 2 cara yang diterapkan. Yakni pengawasan administratif dan pengawasan langsung di lapangan.

“Pengawasan harus memenuhi 4 prinsip yang sesuai dengan kaidah kerjanya. Yaitu, akurat, mutakhir atau up to date, komprehensif dan transparan,” tambahnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Anggota Bawaslu Minsel LD IRWANDI B, Franny Sengkey
dan Koordinator Sekretariat Bawaslu Minsel Veinfry Tumbuan.(***).

No More Posts Available.

No more pages to load.