Lantik Petugas Pemutakhiran Data Pemilih, Kenly Poluan ; Laksanakan Mandat Dan Konstitusi UU Dengan Baik

oleh -669 Dilihat
oleh
Ketua KPU Kenly Poluan Lantik Pantarlih

 

ManadoTEMPO – Untuk menyukseskan Pelaksanaan Pilkada serentak, 27.November 2024 terutama terakomodirnya semua pengguna hak pilih, maka KPU Provinsi Sulawesi Utara melaksanakan pelantikan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) atau Pantarlih.

7.568 orang, yang dilantik dengan rincian 3.193 hadir langsung di Auditorium Unsrat yang berasal dari Kota Manado, Kota Bitung, Kota Tomohon, Kabupaten Minahasa, dan Kabupaten Minahasa Utara. Sementara sisanya yang berjumlah 4.375 mengikuti pelantikan secara daring dari daerah masing-masing-masing.

. Kegiatan ini dipusatkan di Auditorium Universitas Sam Ratulangi Manado, Senin (24/06/2024).

Ketua KPU Sulut Kenly Poluan dalam sambutannya menyampaikan rasa syukur kepada Tuhan yang Maha Esa, katena atas pertolongan-Nya sehingga proses pelantikan dan Apel persiapan Coklit 15 kabupaten/kota bisa terlaksana.

Dalam arahannya, Kenly Poluan mengatakan jika proses Coklit yang akan dilakukan oleh Pantarlih adalah suatu pekerjaan penting dan strategis, dalam upaya KPU melakukan proses pemutakhiran data pemilih, dan ini sesuai dengan undang-undang dan konstitusi.

“Pantarlih akan kerja dalam satu bulan, melaksanakan mandat konstitusi dan undang-undang,” ujar Poluan.

Dia melanjutkan, jika proses pemutakhiran data pemilih merupakan kewajiban KPU untuk memenuhi hak politik warga negara, terutama untuk memilih kepala daerah 2024.

“Pekerjaan Pantarlih singkat, hanya satu bulan, namun menentukan kesuksesan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota se-Sulut,” lanjutnya.

Usai dilantik, Pantarlih mulai hari ini akan langsung bekerja melakukan kunjungan ke pemilih, untuk memastikan warga negara yang memiliki hak pilih, terdaftar sebagai pemilih pada Pilkada Serentak Tahun 2024.

“Tentunya singkat, akan lebih mudah, akan lebih sukses apabila didukung Pemerintah Provinsi, Kabupaten dan Kota, serta Forkopimnda,” kata Poluan.

“Kami harap semua jajaran kabupaten/kota membangun kerjasama dengan pemda dan Forkopimda. PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) dan PPS (Panitia Pemungutan Suara) juga berkoordinasi dengan pemerintah dan elemen terkait atau yang berkepentingan, terutama dengan jajaran Bawaslu dari tingkat provinsi hingga kabupaten/kota agar pemutakhiran berjalan lancar,” lanjutnya.

Akhir kata, Kenly Poluan atas nama KPU Sulut menyampaikan selamat atas pelantikan seluruh anggota Pantarlih.

“Semoga pekerjaan dapat dijalankan sebaik-baiknya, dan melakukan kerja sesuai SOP (standar operasional prosedur) yang diatur dalam pencocokan dan penelitian, dan bagi yang belum berhak sebagai pemilih, dinyatakan TMS atau tidak memenuhi syarat,” pungkasnya.

Sementara itu, Gubernur Sulut Olly Dondokambey yang diwakili Asisten I Setdaprov Sulut Denny Mangala menyampaikan banyak selamat kepada bapak ibu yang sudah dilantik sebagai petugas demokrasi.

“Ini tantangan bagi semua yang terkait sebagai penyelenggara termasuk bapak ibu Pantarlih. Ini tugas berat, untuk memastikan data pemilih seluruh warga negara yang ada di Sulut,” ujar Mangala sembari menambahkan jika Pemprov Sulut, serta pemerintah daerah di 15 kabupaten/kota akan mensupport tugas-tugas Pantarlih.

“Sampai saat ini dari 15 kabupaten/kota termasuk Provinsi, untuk dana hibah sudah tidak ada masalah, aman semua, artinya dalam melaksanakan tugas bapak/ibu anggota Pantalih tidak usah khawatir terkait honor,” bebernya.

Sebagai penutup gubernur melalui Denny Mangala menyampaikan satu permintaan untuk jalankan tugas dengan profesional, sehingga Pilkada 2024 berlangsung baik, jujur, dan adil,” pungkasnya.

Turut hadir pada kegiatan ini, seluruh Komisioner KPU Sulut, Ketua Bawaslu Sulut, dan jajaran Forkopimda, serta tamu undangan lainnya.

(Deasy Holung)

No More Posts Available.

No more pages to load.