Ardiles Mewoh : Jajaran Bawaslu Sulut Siap Laksanakan Pengawasan Coklit

oleh -662 Dilihat
oleh
Apel Siaga Coklit Pengawasab Pemilihan Kepala Daerah

 

ManadoTEMPO–Untuk memastikan KPU Sulut dan jajaran melaksanakan tugasnya, terutama terkait dengan pencocokan dan penelitian (Coklit) data pemilih pada Pilkada Serentak 2024, maka Bawaslu Provinsi Sulut menggelar apel siaga pengawasan pencocokan dan penelitian (Coklit) data pemilih pada Pilkada Serentak 2024, Selasa (25/6/2024) dikantor Bawaslu Sulut.

Apel siaga pengawasan ini melalui Zoom meeting yang diikuti oleh Bawaslu Provinsi, Kabupaten/Kota, Panwascam di 171 kecamatan, dan 1.839 Pengawas Kelurahan Desa.

Apel Siaga ini hadiri oleh Ketua Bawaslu, DR.Ardiles Mewoh, SIP.M.Si dan 3 Komisioner, Steffen Stevanus Linu , SS.MAP, Zulkifli Densi, S.PD.MH dan Donny Rumangit , STP.SH serta Sekretaris Bawaslu Aldrin Christian, S.STP.

Ketua Bawaslu Sulut Ardiles Mewoh mengatakan, apel siaga pengawasan ini pada intinya Bawaslu Sulut ingin memastikan kesiapan jajaran pengawas pemilu se-Sulut untuk melakukan pengawasan coklit yang sudah dimulai kemarin oleh teman-teman KPU melalui Pantarlih.

“Kenapa kita harus pastikan kesiapan, karena tahapan pemutakhiran data pemilih ini adalah salah satu tahapan yang penting dan strategis dalam rangka suksesnya pelaksanaan pilkada,” kata Mewoh.

Oleh karena itu, lanjut Mewoh, Bawaslu Sulut harus pastikan semua jajaran bertugas melakukan pengawasan sehingga daftar pemilih yang dihasilkan oleh teman-teman KPU betul-betul berkualitas.

“Kita harus memberikan sumbangsi oleh tegas-tugas pengawaaan kita. Itu yang paling penting,” ujarnya.

Apel siaga ini, Bawaslu Sulut mengecek apakah sudah siap apa belum jajaran melakukan penagawas.

Apal siaga ini diikuti Bawaslu 15 kabupaten/kota, Panwascam di 171 kecamatan, dan 1.839 PKD.

“Semua Pengawas Desa dan Kelurahan berkumpul di kantor Kecamatan. Apel ini kita tunjukan dan menyampaikan kepada publik termasuk kepada penyelanggara KPU, bahwa Bawaslu siap melakukan pengawasan pemutakhiran data pemilih khususnya yang dilakukan saat ini adalah coklit,” jelas Mewoh.

Mewoh juga mengingatkan jajaranya agar membangun sinergitas yang baik dengan KPU.

Setelah apel dilanjutkan dialog dan laporan langsung petugas pengawas dilapangan. Bawaslu menghadirkan Anggota KPU Sulut Lanny Ointu, dan dari pihak Polda Kepala Biro Operasi (Karo Ops) Polda Sulut Kombes Pol Mugi Sekar Jaya, dan Kejati Sulut, Asisten Intelijen Marthen Tandi, SH.,MH

(Deasy Holung)

 

No More Posts Available.

No more pages to load.