Zulkifli Densi : PKD Ujung Tombak Suksesnya Pelaksanaan Pengawasan Dilapangan

oleh -774 Dilihat
oleh
Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran, Data dan Informasi Zulkifli Densi, S.Pd.MH

 

ManadoTEMPO –Pengawas Pemilihan Umum Kelurahan/Desa memiliki peranan yang penting dan strategis. Karena itu PKD diharapkan dapat bekerja secara baik dan profesional terlebih dalam tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilihan kepada Daerah.

Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran, Data dan Informasi Zulkifli Densi, S.Pd.MH mengatakan ujung tombak dari Pengawasan Bawaslu terutama dalam tahapn Coklit. Tandasnya Data pemilih adalah hal yang krusial, jangan sampai ada wajib pilih yang tidak diakomodir ataupub sebaliknya yang belum memilih atau tidak memiliki hak pilih diakomodir pantarlih.
“Sebagai ujung tombak pengawasan Bawaslu, PKD harus benar benar melaksanakan tugas pendampingan bahkan membantu KPU dan jajaran dalam persoalan Coklit,” ungkapnya dalam sambutan Apel Siaga Pengawasan Pencocokan dan Penelitian Data Pemilih pada pemilihan Kepala Daerah tahun 2024 di Provinsi Sulawesi Utara via zoom, Selasa (25/6/24), bertempat di Command Center

Zulkifli juga menghimbau agar Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kelurahan/Desa (PKD), atau Panwaslu Kelurahan/Desa, untuk menjaga kesehatan terlebih ditengah cuaca saat ini.

Menurut Zulkifli, giat pencocokan data pemilih sudah dimulai kemarin. Oleh sebab itu, Bawaslu Sulut akan mengecek kepada seluruh petugas yang mana sebagai unjung tombak untuk bisa secara maksimal melaksanakan tugas pengawasan pencocokan data pemilih.

“Sangat diharapkan teman-teman PKD bisa melaksanakan tugas dan tanggungjawab dengan baik. Karena tugas yang diemban ini sangat berpengaruh terutama sampai puncak pelaksanaan Pilkada nanti.

“Nah, ada dasar-dasar yang harus diperhatikan agar tidak jadi kesalahan. Jangan sampai ada yang tidak masuk dalam daftar pemilih kemudian diakomodir,” terang Zulkifli.

Tambahnya, dari giat pencocokan itu, agar wajib dibuat laporan hasil pengawasan. Ini penting, karena dalam pemilu kemarin, banyak hal yang kemudian bermuara di MK. Maka dari itu laporan hasil pengawasan sangat penting.

“Tidak harus ada dugaan pelanggaran, atau temuan, tapi LHP wajib dibuat dibuat saat melakukan pengawasan. Jika ada dugaan pelanggaran, maka ada proses lanjutan,” pungkasnya.

(Deasy Holung )

 

No More Posts Available.

No more pages to load.