Bapemperda Sangihe Sambangi Dewan Sulut, Marvel Dicky Makagansa : Kami Ingin Pagari Kebudayaan Sangihe

oleh -1060 Dilihat
oleh
Kunker Bapemperda Sangihe, diterima PLT Sekwan, Weliam Niklas Silangen, S.Sos.M.Si

 

ManadoTEMPO – Kebudayaan Sangihe, baik lagu dan Tarian seperti Masemper, sudah sangat dikenal bukan hanya diskala nasional bahkan mendunia. Agar kebudayaan ini tidak diklaim sekaligus menjadi identitas Kabupaten Sangihe maka Bapemperda Kab.Sangihe menginisiasi pengusulan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Prakarsa Dewan mengenai Pemajuan Kebudayaan Daerah (PKD).

Langkah hebat ini mendapatkan dukungan berbagai pihak.

Untuk memastikan tahapan dan mekanisme pembahasan secara tepat sekaligus mempercepat terbentuknya menjadi Perda, maka Bapemperda Kab.Sangihe dibawah Pimpinan Marvel Dicky Makagansa (MDM) dan Ferdy Sondakh serta sejumlah anggota dan Kabag Hukum mendatangi kantor DPRD Sulut,Jumat (27/6/2024).

Mereka diterima langsung oleh PLT Sekwan Weliam Niklas Silangan, S.Sos.M.Si diruangan kerjanya.

Marvel Dicky Makagansa Ang.Bapemperda dan Sekretaris Komisi I Dekab Sangihe

Usai pertemuan , Ketua Bapemperda Marvel Dicky Makagansa (MDM) Kepada wartawan menjelasakan, Kunker ini dalam rangka rangka percepatan optimalisasi, harmonisasi Ranperda pemajuan kebudayaan.

“Tentunya ini penting karena kebudayaan adalah identitas apalagi warga kepulauan Sangihe., Dimana kami melihat sebuah tanggung jawab untuk memagari kebudayaan ini dengan produk hukum yng akan kita laksnakaan. Terkait juga memang ini tugas dan kewajiban dan dasar dari anggota DPRD untuk menciptakan Prodak hukum dari hal hal yang harus kita pagari, “jelas Dicky yang juga Sekretaris Komisi I.

Legislator PDIP ini menyatakan Tentunya kita juga bisa melihat dalam berbagai kesempatan, Kab Sangihe ini mempunyai penduduk yang tidak terlalu banyak, tapi diaspora di berbagai kabupaten atau propinsi lainnya.

“Hal yang kita takuti adalah dimana kebudayaan mereka, kalau tidak dipagari dengan atutan hukum yang jelas akan diklainlm oleh daerah lain. Oleh karenya produk hukum sangat penting,” tegas MDM

Tambah mantan anggota DPRD Sulut ini, pihaknya bertekad sebelum mengakhiri masa jabatan ada karya baik yang dipersembahkan untuk Kab.Sangihe yang dicintai
“Dalam mengakhiri masa jabatan, tentunya kami harus meninggalkan warisan yang baik, yang bisa dipakai kab kami dikemudian hari,” ucap Putra Drs. Hironimus Rompas Makagansa, M.Si, mantan Birorat Senior dan Bupati Sangihe.

(Deasy Holung)

No More Posts Available.

No more pages to load.