Peduli Lingkungan KPU Sulut Gelar Camping Pilkada, Umbola : Perhatikan Dampak Ekologis Pelaksanaan Pilkada

oleh -378 Dilihat
oleh
Pembukaan Acara Camping Pilkada bersama Komisioner KPU Awaludin Umbola di Wawo Wow, Tomohon

 

TOMOHON,ManadoTEMPO – Sebagai lembaga Penyelenggara Pilkada, KPU bukan hanya sekedar konsen pada teknis pelaksanaan pilkada, namun juga memberi perhatian terhadap dampak yang ditimbulkan terkait Pilkada 27 November 2024.

Hal ini terlihat dari pelaksaan Camping Pilkada yang digagas oleh KPU Sulut.

KPU Sulut mengadakan kegiatan camping Pilkada berkolaborasi dengan komunitas pecinta alam di Sulut.

Kegiatan yang berlangsung dari tanggal 5 hingga 7 Juli 2024 ini dilaksanakan di Wawo wow , Kota Tomohon, dengan tema “Menuju Pilkada Serentak di Sulawesi Utara yang Ramah Lingkungan”.

 

Pada pembukaan Kegiatan Anggota KPU Sulut Awaluddin Umbola mengajak pemilih tidak sekedar merayakan pesta demokrasi, tapi turut memperhatikan dampak ekologis dari perhelatan ini.
“Mari kita lahirkan gagasan baru untuk Pilkada yang ramah lingkungan. Kadang hal ini kita anggap sepele, tapi seharusnya menjadi hal yang penting dalam pelaksanaan Pilkada,” ujarnya

Tercetusnya kegiatan Camping Pilkada bersama Komunitas Pecinta Alam ini juga dikarenakan banyaknya pohon yang rusak karena pemasangan baliho para calon dan banyak sampah plastik yang dihasilkan pada saat Pilkada.

Umbola berharap kegiatan ini akan menghasilkan perubahan yang baik di Pilkada 2024. Salah satunya lewat regulasi Pilkada yang ramah lingkungan.

“Dua hari kedepan kita akan berdiskusi untuk menghasilkan rekomendasi yang diberlakukan untuk semua kabupaten kota. Ini dalam rangka menuju pesta demokrasi yang ramah lingkungan,” tandas Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Sulut.

Camping Pilkada ini ,sebagai wujud komitmen KPU Sulut dalam mendukung upaya pelestarian lingkungan. Kegiatan ini juga akan diisi dengan materi-materi dari narasumber terkait dengan Pilkada dan aktivis lingkungan, terdapat juga kegiatan lain seperti zumba dan penanaman pohon yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan hidup.

Adapun peserta pada kegiatan yakni Ketua Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih,Parmas dan SDM dan Kasubag Teknis dan Parhubmas KPU Kab/Kota se-Sulawesi Utara serta Komunitas Pecinta Alam.

Dengan adanya inisiatif seperti camping ini, diharapkan dapat menjadi contoh bagi daerah lain dalam menjalankan proses demokrasi yang tidak hanya efektif dan transparan, tetapi juga bertanggung jawab terhadap lingkungan dan generasi mendatang.

Turut hadir pada kegiatan Raymond F. Mamahit Fungsional Ahli Madya yang bertindak selaku moderator pada kegiatan.

(Deasy Holung/**)

No More Posts Available.

No more pages to load.