Warga Tanya 10 Ribu Rumah Program PAHAM, Ini Jawaban AI Mangindaan

oleh -15 Dilihat
oleh

Manadotempo,Manado-Program pembangunan calon Wali Kota Manado, Prof Dr Julyeta Paula Amelia Runtuwene dan Wakil Wali Kota Dr Harley Mangindaan (JPAR-AiM) akan mencetak 10 ribu rumah bagi warga berpenghasilan rendah menyita perhatian masyarakat Manado.

Dianggap tepat, tak heran banyak masyarakat bertanya di mana lokasi pembangunan rumahnya dan syarat untuk mendapatkan rumah program Paula-Harley Manado (PAHAM) tersebut.

Rasa penasaran pun terlontar dari Joko Tato, warga Tuminting ketika bersua dengan Ai Mangindaan, sapaan akrab Harley Mangindaan di pusat Kota 45 Manado.

“Pak Ai, torang warga mo tanya, bagaimana dengan rumah program PAHAM peduli rakyat kecil melalui pengadaan 10 ribu unit rumah layak huni bagi warga Manado yang berpenghasilan rendah. Jujur pak Ai, program itu sangat diharapkan. Syarat bagaimana, trus depe lokasi rumah itu dimana,” ungkap Joko yang keseharian sebagai juru parkir di depan Taman Kesatuan Bangsa (TKB) pusat kota 45 Manado, dengan dialeg Manado yang kental.

Paslon PAHAM nomor urut 4 ini pun langsung menyambut pertanyaan warga. “Begini, memang benar ada program PAHAM rumah tinggal bagi warga berpenghasilan rendah. Lokasinya, tentu mengacuh tata ruang Kota Manado. Saya dan Prof Paula, melihat permasalahan Kota Manado agar tidak ada lagi permukiman yang tidak layak. Mewujudkan kawasan permukiman yang layak huni dan berkelanjutan harus ditopang pelayanan air minum, penanganan kawasan kumuh, dan pelayanan sanitasi tentunya,” katanya.

“Nah, mengenai penetapan lokasi program PAHAM tentang hunian bagi warga berpenghasilan rendah bahwa pengembangan kota baru Manado bisa diarahkan di Kecamatan Mapanget karena secara kebijakan tata ruang melalui RTRW Kota Manado 2014-2034 menentapkan kawasan ini sebagai kawasan siap bangun. Dilihat dari potensi wilayah itu, kecamatan Mapanget memiliki peran sebagai gerbang masuk Bandara Sam Ratulangi artinya jika Kecamatan Mapanget jadi lokasi pembangunan program 10 ribu rumah bagi warga berpenghasilan rendah tentunya memiliki potensi perkembangan perdagangan secara pesat baik bagi masyarakat,” jelas Ai Mangindaan panjang lebar.

Soal syarat dan bagaimana pembangunanya, Ai menegaskan, jangan takut. Mengenai syarat, pasti dimudahkan karena diperuntukan bagi masyarakat Kota Manado berpenghasilan rendah.

“Kebutuhan tempat tinggal itu sangat mendasar bagi semua masyarakat. Saya pastikan pembangunannya secara bertahap dan sudah ada pihak pengembang merespon akan program PAHAM ini. Tapi kami fokus bagi warga berpenghasilan rendah,” ungkap Ai Mangindaan.

Sebelumnya, calon Wali Kota Manado Julyeta Paula Amelia Runtuwene (JPAR) menjelaskan, PAHAM peduli rakyat kecil dengan menyiapkan rumah layak huni bagi warga Manado berpenghasilan rendah.

”Program PAHAM peduli rakyat kecil melalui pengadaan 10 ribu unit rumah layak huni bagi warga Manado yang berpenghasilan rendah,” jelas JPAR.

Selain itu, warga dengan penghasilan pas-pasan akan dimudahkan memiliki rumah sendiri melalui program ini, dengan cicilan rendah.(redaksi)

No More Posts Available.

No more pages to load.