Pengelolaan Bantuan Bencana Transparan, Walikota Mantiri: Warga Bisa Pantau Bantuan Masuk dan Keluar

oleh -5006 Dilihat
oleh

ManadoTEMPO-Pengelolaan bantuan bencana sering menjadi buah simalakama. Di satu sisi sangat dibutuhkan warga terdampak bencana, tapi di sisi lain, bantuan yang masuk ke posko penanganan bencana dan yang disalurkan terkadang tidak diketahui oleh warga.

Belajar dari pengalaman, Walikota Bitung. Ir. Maurits Mantiri, M.M. menegaskan pengelolaan bantuan bencana yang terjadi di Kota Bitung pada 6-7 April 2024 wajib dilakukan oleh seluruh pengelola secara terbuka, transparan, dan dapat diikuti oleh warga masyarakat termasuk netizen secara riltime.

Demikian dijelaskan Wali Kota Mantiri saat menerima kunjungan diakonia Pria/Kaum Bapa GMIM Rayon Manado yang dipimpin Penatua dr. Richard H. M. Sualang, Jumat 12/04/2024 di Posko Penanganan Bencana di Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bitung Kompleks Kantor Wali Kota.

“Pengelolaan data secara transparan dan dilakukan online, sudah menjadi kebutuhan di era digital sekarang. Ketepatan data bantuan terkumpul, kebutuhan penerima manfaat, dan prioritas distribusi lokasi merupakan unsur-unsur yang menjadi pusat perhatian kami,” terang Wali Kota Mantiri juga Ketua P/KB Sinode GMIM ini.

Lanjutnya, setiap bantuan yang masuk di Posko harus secepatnya disalurkan kepada warga yang terdampak, yang diawali Inspektorat lakukan Audit terhadap bantuan yang masuk dan Bantuan Keluar.

“Media Center buat Rilis untuk Pers dan Sebarkan. Instruksi lain Wakil Ketua Umum Perhimpunan Intelektual Kristen Indonesia (PIKI) adalah para pengelola bantuan menyiapkan data stok bahan yang ada di posko agar warga bisa tahu sehingga jika ada donatur yang akan membantu, mereka bisa melihat keterseddiaan bahan dan menyesuaikan dengan stok di posko. Jangan sampai ada penumpukan satu jenis bahan di posko,” beber Walikota Bitung ini.

Kepala Dinas Kominfo Kota Bitung, Ir. Theodorus Rompas, S.T, M.E, melalui Kepala Bidang Layanan Informasi, Humas, dan Persandian, Ferdi Pangalila, S.Pd, instruksi wali kota Bitung sudah dipersiapkan dan sementara dioperasionalkan.

“Sesuai instruksi Pak Wali Kota, kami melakukan ekspose tiga informasi sekaligus yaitu bantuan yang diterima di Posko Bantuan, bantuan yang disalurkan oleh Tim Gabungan Penanganan Bencana Kota Bitung, dan stok yang tersedia di posko,” kata Pangalila.

Wakil Wali Kota Manado, sekaligus Ketua P/KB Rayon Manado, Pnt. dr. Richard H.M. Sualang menyatakan apresiasi yang tinggi atas langkah taktis dan sigap Wali Kota Bitung dalam pengelolaan bantuan bencana. “Semoga langkah Pak Wali Kota bisa mendapatkan dukungan dari warga masyarakat khususnya yang terdampak bencana sehingga bisa meringankan beban yang sementara dihadapi bersama,” ujar Pnt Richard Sualang.

Sementara itu, Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kota Bitung, Albert Sergius menjelaskan
untuk akses informasi bantuan bencana Kota Bitung dapat dilihat di link berikut : https://pantaumedia.online/laporan-bantuan-di-posko-bencana-terkini/
(inot)

No More Posts Available.

No more pages to load.