Hari ini, Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw dan Forkopimda Bertolak ke Lokasi Bencana Gunung Ruang Tagulandang

oleh -5236 Dilihat
oleh

ManadoTEMPO-Forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda) Sulawesi Utara (Sulut) bertolak ke lokasi pengungsian korban bencana letusan Gunung Ruang Tagulandang Kabupaten Kepulauan Sitaro, Selasa (23/4/2024) pagi ini.

Rombongan yang terdiri dari Wakil Gubernur Sulut, Steven Kandouw, Kapolda Irjen Pol Yudhiawan, Wakapolda Brigjen Pol Bahagia Dachi, Sekprov Steve Kepel ST MSi, Asisten I DR Denny Mangala, Kepala BPBD Provinsi Adolf Tamengkel dan tim dari Basarnas Sulut telah bertolak menuju Tagulandang dengan menggunakan KM Bimasena Basarnas.

Sesuai jadwal rombongan Forkopimda akan meninjau langsung lokasi terdampak erupsi Gunung Ruang, tempat pengungsian hingga agenda lainnya.

“Akan memantau fasilitas publik maupun rumah warga yang terdampak bencana, untuk ditindak-lanjuti,” ungkap Wagub Steven Kandouw saat diwawancarai di Pelabuhan Kota Manado menjelang keberangkatan.

Pasca letusan dahsyat Gunung Api Ruang pada Rabu 17 April 2024 malam, sebanyak 833 jiwa atau 301 kepala keluarga yang mendiami dua desa yakni Laing Patehi dan Pumpente telah dievakuasi meninggalkan Pulau Ruang.

Letusan Gunung Api Ruang mengakibatkan 12.476 jiwa terdampak dan 3.598 jiwa harus mengungsi. Selain itu sebanyak 3.908 rumah penduduk yang berada di Pulau Ruang dan Pulau Tagulandang rusak.(inot)

No More Posts Available.

No more pages to load.