PSI Tolak Sistim Pemilu Proporsional Tertutup, MJP : Demokrasi Kita Bakal Mundur Kembali

oleh -15 Dilihat
oleh

 

Manado Tempo – Adanya wacana pemberlakuan u sistim proporsional tertutup pada pemilu legislatif 2024 pasca dilakukan Uji Materi UU No.7 tahun 2017 tentang pemilu mendapatkan beragam tanggapan bahkan penolakan. Salah satunya datang dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Partai Solidaritas Indonesia (PSI) secara tegas menyatalan sikap menolak sistim pemilu tersebut.

Ketua DPW PSI Sulut Melky Jakhin Pangemanan (MJP), Rabu (10/01/2023 ) saat dmintai tanggapan menyatakan sistim proporsional tertutup sudah pernah diberlakukan pada pemilu beberapa waktu lalu. Namun menurutnya jika diberlakukan kembali justru adalah kemunduran bahkan membuat kompetisi tidak terlalu fair serta memunculkan pengaruh negatif terhadap pilihan politik pada tingkatan konstituen.

” Oleh karena itu pilihan PSI adalah sistim proporsional terbuka sehingga bisa memunculkan kader – kader potensial, qualified yang bisa menjawab apa yang dibutuhkan masyarakat, ” terang legislator Sulut ini.

Dengan demikian lanjut MJP, dengan sistim proporsional terbuka yang telah diberlakukan selama ini lebih memberikan dampak signifikan bagi demokrasi di Indonesia

” Kompetisi akan semakin sehat publik akan diberikan pilihan yang variatif dengan track record yang dimiliki setiap kontestan calon anggota legislatif, ” tandasnya.

Sebaliknya kata MJP, dengan sistim proporsional tertutup publik akan dirugikan sama halnya dengan istilah memilih kucing dalam karung.

Disisi lain seleksi rekrutmen calon anggota legislatif partai politik memiliki tujuan dengan membuka ruang kepada publik untuk memberikan penilaian kepada calon anggota legislatif.

” Makanya PSI mengakomodir kader dan kandidat dari eksternal tetapi juga memberikan kesempatan kepada publik untuk memberikan penilaian sebelum ditetapkan sebagai calon tetap, ” kunci MJP.
(DEASY/*)

No More Posts Available.

No more pages to load.